Catalunya Merdeka Barca, Espanyol, Dan Girona Akan Kemana ?

RajaDominoQQ.com – Musim ini ada kemungkinan akan menjadi periode terakhir kesebelasan Barcelona meramaikan La Liga, karena apabila Catalunya berhasil dalam meraih kemerdekaannya, secara tidak langsung Barcelona harus berkompetisi di luar Spanyol.

Pekan ini akan ada pelaksanaan pemungutan suara referendum untuk menentukan apakah Catalunya bisa menjadi negara bebas atau tetap menjadi bagian Spanyol, kabarnya aksi itu didukung pelatih Manchester City, Pep Guardiola dan menteri olahraga Katalunya, Gerard Fiueras.

Walaupun sudah dilarang oleh Pemerintah Spanyol, publik Catalunya diberitakan tetap akan melaksanakan referendum pada tanggal 1 Oktober nanti, Pemerintah Spanyol beraganggapan kalau referendum tersebut inkonstitusional dan memerintahkan aparat keamanan untuk menghalau pelaksanaan referendum tersebut, seperti yang dikutip dari Express, membuat Spanyol kali ini menghadapi salah satu situasi politik paling panas.

[masterslider id=”9″]

Akan tetapi, ini bukannya tidak memiliki resiko, jika kemerdekaan tersebut berhasil di dapatkan ada kemungkinan besar semua klub dari Catalunya termasuk Barcelona dilarang untuk bertanding kembali di La Liga dan otoritas Asosiasi Sepakbola Spanyol sudah menyatakan kalau Barcelona dan teman-teman asal Catalunyanya tidak akan bisa bermain kembali di Liga Spanyol andai Catalunya benar memilih untuk merdeka, yang artinya klub tersebut harus menciptakan kompetisi sendiri.

Masalahnya saat ini klub dari Catalunya hanya ada 3, yaitu Barcelona, Espanyol dan Girono, dari ke-3 tim tersebut pastinya tidak mungkin akan di selenggarakannya suatu turnamen, solusinya adalah mereka harus merantau ke tempat lain, salah satunya Liga Primer.

“Apabila benar terjadi kemerdekaan, maka klub Catalunya yang bermain di La Liga yaitu Barcelona, Espanyol dan Girona, harus bersiap-siap untuk memilih dimana akan melanjutkan kompetisinya, apakah Italia (Serie A), Prancis (Ligue 1) atau Inggris (Liga Primer), saya tidak berpikir kalau UEFA akan melarang jika klub lain berkompetisi di liga berbeda dari tempat asalnya” kata Fiueras.

Disamping itu Barcelona sudah menyatakan dukungan untuk memilih melepaskan diri dari Spanyol beberapa hari lalu. Girona memiliki sudut pandang yang sama seperti Barcelona, mendukung referendum demi mendapat kemerdekaan, di lain sisi Espanyol menyatakan tidak akan mau terlibat dalam urusan politik.

Barcelona, terkait dengan sejarah dan komitmetnya untuk melindiungi negara, demokrasi, kebebasan berekspresi dan hak untuk memilih, kami akan terus mendukung apa yang sudah sewajarna menjadi pilihan oleh mayoritas penduduk Catalunya.”

[masterslider id=”8″]

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*